Membuat SKCK dan Kartu Kuning

8 10 2010

Sekedar berbagi pengalaman ketika saya membuat surat keterangan catatan kepolisian alias SKCK dan kartu kuning yang merupakan salah satu syarat berkas untuk melamar pekerjaan khususnya CPNS.

Untuk membuat SKCK dapat dilakukan di kantor polisi/Polsek terdekat namun untuk melamar CPNS direkomendasikan di tingkat Polres. Berkas yang diperlukan adalah surat keterangan dari kelurahan, foto 4×6 2 lembar, dan fotokopi KTP 1 lembar.

Surat keterangan Lurah dapat dibuat di kelurahan tempat kita tinggal dengan membawa fotokopi kartu keluarga dan fotokopi KTP masing-masing 1 lembar serta surat keterangan dari RT dan RW dimana kita tinggal.

SKCK processGambar1. Alur membuat SKCK

Oh iya, jangan lupa membawa uang y! karena masing-masing instansi tadi umumnya mengenakan biaya administrasi, baik di tingkat Kelurahan maupun Polres, wkwkwkwkw (Jakarta gitu lho, nothing free), nih buktinya:

Gambar2. Daftar tarif retribusi Kelurahan

Gambar3. Tarif membuat SKCK

Untuk membuat kartu kuning alias kartu pencari kerja, kita dapat membuatnya di kantor kecamatan terdekat dengan membawa fotokopi ijazah terakhir serta foto berwarna 2×3 sebanyak 2 lembar. Oh iya, jangan lupa bawa uang juga karena dikenakan biaya administrasi sebesar Rp.10.000,00, wkwkwkw (kapan gratisnya y?)

Untuk Indonesia yang lebih baik, amin.


Actions

Information

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: